Motivasi Menulis

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Mengenai Saya

Foto saya
bismillah... dengan izin Allah perkenalkan nama saya linda insyaAllah ramah dan berteman dengan siapa saja ... semoga apa yang aku tulis di blog ini mudah2an bermanfaat dan mudah2an lagi kalian suka terimakasih telah mampir... jangan lupa tinggalkan like n comment

Pengertian Manajemen Pemasaran


Apa itu Manajemen Pemasaran?

           Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dari fungsi-fungsi manajemen itu. Jadi, manajemen merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan

Pemasaran  (marketing) berasal dari katapasar (market). Pasar dapat diartikan  tempat melakukanpenukaran barang antara Penjual dan Pembeli. Untuk lebih jelasnya di bawah ini kami berikan beberapa pengertian pemasaran (marketing), yaitu:

1.      Pendapat Philip Kotler (Edisi milenium)
“Marketing is a societal process by which individualsand groups obtain what they need and want throught creatting, offering, and freely exchanging products and services of value with others”

Artinya:
“Pemasaran adalah proses sosial yang didalamnya individu atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk dan jasa yang bernilaidengan pihak lain”
.
Selanjutnya Philip Kotler menyatakan bahwa untuk definisi manajerial marketing itu memberikan gambaran sebagai seni menjual produk.

2.        Pendapat William J. Stanton, Michael J. Etzel, dan Bruce J. Walker.
Marketing is total System of business designed to plan, price, promote, and distribute want satisfying products to target markets to achieve organizational objective.”

Artinya:
“Pemasaran adalah sistem total dan kegiatan bisnis yang dirancang untuk mendistribusikan barang-barang untuk memuaskan keinginan dan mencapai sasaran serta tujuan organisasi”.
3.      Pendapat Warren J. Keegan

Marketing is the process of focusing the resources and objective of an organization an environmental opportunities and needs”.
Artinya:

“Pemasaran adalah suatu proses yang berfokus pada sumber daya manusia dan bertujuan untuk memanfaatkan peluang-peluang pasar secara global”.
4.      Asosiasi Pemasaran Amerika

Pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dengan cara yang menguntungkan.

Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang, dan jasa, untuk menghasilkan pertukaran yang memuaskan individu dan memenuhi tujuan organisasi.


Sumber:

Hasibuan Malayu, Manajemen :Dasar, pengertian dan masalah (Jakarta: PT Bumi Aksara. 2003), .
Saladin Djaslim, Manajemen Pemasaran (Bandung: Agung Ilmu. 2010)





0 Comment for "Pengertian Manajemen Pemasaran"

Back To Top