Apa itu Manajemen Pemasaran?
Manajemen
berasal dari kata to manage yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan
melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dari fungsi-fungsi manajemen itu.
Jadi, manajemen merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan
Pemasaran (marketing)
berasal dari katapasar (market).
Pasar dapat diartikan tempat melakukanpenukaran
barang antara Penjual dan Pembeli. Untuk lebih jelasnya di bawah ini kami
berikan beberapa pengertian pemasaran (marketing),
yaitu:
1.
Pendapat
Philip Kotler (Edisi milenium)
“Marketing is a societal process by which individualsand groups
obtain what they need and want throught creatting, offering, and freely
exchanging products and services of value with others”
Artinya:
“Pemasaran adalah proses sosial yang didalamnya individu atau
kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
menawarkan, dan mempertukarkan produk dan jasa yang bernilaidengan pihak lain”
.
Selanjutnya Philip Kotler menyatakan bahwa untuk definisi manajerial marketing itu memberikan
gambaran sebagai seni menjual produk.
2.
Pendapat
William J. Stanton, Michael J. Etzel, dan Bruce J. Walker.
“Marketing is total System of business designed to plan, price,
promote, and distribute want satisfying products to target markets to achieve
organizational objective.”
Artinya:
“Pemasaran adalah sistem total dan kegiatan bisnis yang dirancang
untuk mendistribusikan barang-barang untuk memuaskan keinginan dan mencapai
sasaran serta tujuan organisasi”.
3.
Pendapat
Warren J. Keegan
“Marketing is the process of focusing the resources and
objective of an organization an environmental opportunities and needs”.
Artinya:
“Pemasaran adalah suatu proses yang berfokus pada sumber daya
manusia dan bertujuan untuk memanfaatkan peluang-peluang pasar secara global”.
4.
Asosiasi
Pemasaran Amerika
Pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses
untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan menyerahkan nilai kepada pelanggan
dengan cara yang menguntungkan.
Manajemen
pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga,
promosi, dan distribusi gagasan, barang, dan jasa, untuk menghasilkan
pertukaran yang memuaskan individu dan memenuhi tujuan organisasi.
Sumber:
Hasibuan Malayu, Manajemen :Dasar, pengertian dan masalah (Jakarta: PT Bumi Aksara. 2003), .
Saladin Djaslim, Manajemen Pemasaran (Bandung: Agung Ilmu. 2010)
0 Comment for "Pengertian Manajemen Pemasaran"